Friday, July 15, 2005

titik balik. apakah ini awal?

perjalanan ke gelitz sama dondon di jumat malam.
ngobrolin macem macem lah pokoknya...
dia sedikit bercerita tentang masa lalunya yang ancur ancuran abis..
dan seorang dondon yang malem ini duduk di sebelah gw menyetir mobil gw itu..

people do change.
life change.

gw engga pernah kenal dia sebelum 6 bulan setelah perubahannya ini, dimana sejak semester 2 sekolah dia mulai menyadari jelek jeleknya kehidupan dia.
sejak itulah dia mulai bener bener belajar, sholat mulai rajin, berenti minum, engga maen maen sama cewe lagi.. dan menghentikan sederet kebiasaan buruknya, sampe sampe dia postpond gelitz cuma untuk belajar. memperbaiki apa yang udah rusaklah, kasarnya..

dan sekarang, dia keterima di arsitektur binus grade 1 katanya..
"gw dapetin apa yang gw mau, je.. gw nyadar.. gw harus belajar buat masa depan! elo mau jadi apa kalo maen maen melulu? gw cowo pula! stop deh, sampe awal gw kelas 3 sma, tuh! sejak semester 2 gw berubah. kelas 2 tuh gw udah terakhirnya seneng seneng. elo je, elo harus belajar! kelas 3 nih, elo pasti seneng banget kalo elo lulus.. bangga banget deh! apalagi elo sampe bisa masuk universitas yang elo mau.. engga ngecewain orangtua lo.. februari lah, elo mulai kurangin maen, belajar lebih sering! itu udah paling lambat! sebelom semua terlambat je, gw cuma mau kasih tau elo aja.. kalo elo udah ngelewatin itu semua kan, elo mau ngapain juga enak! nantinya elo libur kuliah buat maen maen deh tuh! masuk kuliah, kuliah deh yang bener.. eh, bangga nih gw, berhasil engga 'minum'.. "


padahal gw cuma bilang, "terserah elo.. gw sih mau nya elo jgn minum!" waktu dia ngangkat gelas 'minum' sambil nyengir dan bertanya pada gw pas kita rame rame di break shoot ulangtaunnya yudi.. "gw nanya nih sama elo, je.. pendapat lo apa? minum ga?" dan itulah tadi jawaban gw..

hmm.. gw ngena aja sama kata katanya dia. knapa? padahal nyokap bokap juga udah sering ngomong kaya gtu..
biasanya sih, gw selalu ngena banget kalo denger nasehat dari anak anak yang sepertinya engga mungkin ngelakuin hal seperti nasehat itu, padahal mereka emang ngejalanin.
yaaah,, misalnya kelakuan orang itu beda 180 derajat sama nasehatnya, dan ternyata nasehat itu bukan cuma speak belaka tapi karna emang udah mereka lakuin. works or not. yang penting usaha yang udah mereka lakuin..

sebuah institut seni rupa di bandung? will i?? gila jee!! elo cuma merasa elo bisa photoshop doang!! ngertinya juga asal nyoba dan beberapa kali klik mouse, pencet keyboard jadilah sebuah editan foto.. dkv engga cuma photoshop!! tes masuk bukan computerized!! gambar pake tangan.. pensil.. gambar apa yang ada di benak lo tentang sebuah kata, 'pasar' misalnya.. aarghh.. elo bukan harus memperdalam ekonomi ataupun kewarganegaraan lo!! tapi bukan berarti elo harus ninggalin itu semua! elo tetep harus belajar buat dapet sebuah ranking dan mempertahankannya. ranking itu nyawa lo! cara lo bertahan hidup.. apalagi kelas yang akan elo tempati sepanjang kelas 3 ini adalah kelas anak anak rajin! elo tidur, elo ketinggalan.. ayolah je! elo belom nyoba, elo ga boleh langsung nyerah!

inget je,
- bokap nyokap udah ngebolehin lo masuk senirupa. sepenuh hati mau elo bisa masuk disana.
- agnes bilang kalo elo harus ngedapetin apa yang elo mau! itu semua buat elo dan hari esok lo. buat orangtua lo juga.
- dondon pun mau ngingetin elo!

coba yah, je.. belajar lebih baik.. bokap nyokap udah ngasih kebebasan banget selama kelas 2 ini. ngebolehin lo maen maen laah.. masa ga ada timbal baliknya?
elo mau ngecewain nyokap lagi kaya waktu smp? waktu elo ga ketrima di 70? mau bikin nyokap nangis lagi? engga kan?!
belajar yah, je.. biarin aja temen temen lo seneng seneng, bukan berarti elo engga bisa seneng, kok.. x)

No comments: