Friday, September 05, 2008

ramadhan kali ini..

anyway, udah bulan september. dan ini adalah bulan suci ramadhan. tapi ada apa ya? kok ga ngerasa kaya dulu-dulu deh, menjelang ramadhan dan di hari-hari ramadhan (yang dimana ini mau hari ke-6). semua nampak biasa aja. biasa banget.

dulu gw selalu merasa atmosfer yang spesial disetiap bulan puasa. sumpah, berasa langit lebih terang, malem ga panas-panas amat, walau siang selalu begitu adanya. rasanya meriah aja, kalo udah sore, orang-orang ngabuburit.. liat yang jual tajil sampe petasan aneka gaya juga kembang api aneka warna di pinggir jalan, penjual dan pembeli yang tawar-tawaran.. macet-macet menjelang buka puasa, yang ngeselin tapi ya mau gimana, gw pun juga buru-buru pengen pulang, pengen buka di rumah kaya pengendara-pengendara lain. tapi rasanya ngejalanin macetnya tuh kerasa beda sama hari biasa. dan biasanya malem-malem ada aja bunyi petasan, atau sekedar main kembang api. yaaa.. keriaan-keriaan yang engga biasanya ada di hari biasa.

tapi sekarang? kayanya sama aja sama hari biasa. yang ngebedain di puasa ini, kita ga makan dari subuh sampe maghrib, dan alhamdulillah gw sholat lebih rajin. dan di hari hari biasanya, kita makan terus sepanjang hari dan sholat gw berantakan. see.. CUMA kaya gitu. ga ada yang istimewa kaya hal-hal diatas. ga berkesan.

gw mencoba mencari tau, nanya orang-orang sekitar, dan dari yang temen-temen bilang, "mungkin kita udah tambah gede aja sih je, jadi ngerasa ini biasa aja." hmm.. iya ya? apa karena itu? karena ini udah puasa kita yang ke-sekian belas kalinya, dan semua jadi biasa aja? atau mungkin karena kita udah lupa caranya seneng-seneng di bulan yang spesial ini? terlalu menganggap, "kaya anak kecil aja sih, main kembang api atau petasan.." atau tanggapan, "jangan norak deh!" saat mencari penjual kembang api itu..

hmm.. gw pun sampe lupa, kapan terakhir kali main-main sama itu semua. yang gw inget, waktu itu gw sama masiko keliling bintaro nyari petasan dan kembang api pas malem takbiran, dan gw seneng banget akhirnya kita berhasil beli dan gw main kembang api yang air mancur warna warni, megang kembang api yang kaya lidi dan gw gantung-gantungin di semak-semak. rasanya kembali seperti anak kecil lagi. iya, itu yang selalu gw lakuin dari kecil kalo punya kembang api lidi itu. ritual ga penting, tapi ada kepuasan tersendiri.

mungkin seharusnya dengan bertambahnya umur, bertambah pula surat-surat AlQuran yang gw baca, dan lebih tepatnya, seharusnya gw berhasil khatam AlQuran untuk yang pertama kalinya. tapi kayanya, dengan bertambahnya umur, dosa-dosa yang makin bertambah malah minta ditambah, bukannya dibersihin. huh! dasar lo, je! tapi kembali lagi pada kecuekan diri gw, gw cuma berkata, "cuma gw sama Yang Diatas yang tau pertimbangan amal dan kesalahan yang udah gw lakuin. dan harus ya, diitung-itung?" heheheee..

haah sudahlah. cuma sebuah kesan yang mengusik di malam hari. mungkin lebih baik kembali mengerjakan tugas.. cabcus!



selamat puasa, teman-teman.
semoga amal ibadah kita diterima Allah SWT. amin.

No comments: