Wednesday, May 06, 2009

IBU

apakah kalian tau dan ingat apa yang dilakukan ibu kalian saat kalian masih ada didalam kandungan. beliau tetap bersusah payah membanting tulang, walaupun dengan keadaan hamil mengandung kalian. beliau tetap bersusah payah bekerja demi kelangsungan hidup kalian kelak. tanpa keluhan akan rasa lelah, beliau tetap mencoba mencoba melakukan kewajibannya sebagai seorang ibu dan orang tua yang bertanggung jawab. semua pengorbanannya tidak sampai disitu. beliau selalu membawa kita selama 9 bulan di setiap kegiatannya. hingga saatnya tiba beliau tidak segan2 mempertaruhkan nyawanya demi melahirkan kita ke dunia ini. tampan, cantik, buruk rupa, cacat, beliau tak akan peduli. beliau akan tetap menjaga dan menyayangi kita hingga kita kelak mejadi dewasa. karena tidak ada satupun ibu yang senang dan rela melihat anaknya menderita. beliau akan melakukan segalanya demi membahagiakan kita. itulah sifat mendasar seorang ibu. kita semua pasti mempunyai seorang sosok ibu yang menemani dan menghiasi hidup kita dari kecil hingga sekarang. kalian pasti ingat apa yang diajarkan ibu kalian sewaktu kita masih kecil. hanya satu tujuan beliau mengajarkan kita dari kecil. beliau hanya ingin kita menjadi anak yang baik, patuh, dan berguna untuk diri sendiri, lingkungan, keluarga, masayarakat, bahkan negara. betapa bangganya beliau bila kita bisa menjadi apa yang mereka harapkan. tetapi ada baiknya kita berpikir kembali. apakah kita pernah bersyukur akan adanya ibu dikehidupan kita. apakah kita bersyukur dengan apa yang diberikan beliau kepada kita. apakah kalian tau bagaimana beliau berkorban untuk kita. tanpa pamrih beliau coba memberikan segalanya pada kita. tapi apa balasan dari kita. kita belum mampu membalas kebaikan yang diberikan oleh seorang ibu kepada kita. peluh yang keluar dari tubuhnya saat dia berjalan untuk bekerja membanting tulang, dan peluh yang keluar saat beliau berjuang melahirkan kita ke dunia ini, rasanya tidak akan ada penggantinya. dan kitapun tak akan pernah bisa membayar itu semua sampai kapanpun. apakah kalian pernah merasa kehilangan. kita semua pasti pernah dan akan merasakan hal itu. tak ada satupun orang yang mau kehilangan orang yang dicintai. kehilangan seorang teman sungguh sangat menyakitkan. kehilangan seorang pacar rasanya pasti sangat menyesakan. apakah kalian tahu perasaan kehilangan seorang ibu. rasanya sungguh tidak karuan dan sulit untuk dilukiskankan. bahkan kata sedih pun hanya bisa mewakili salah satu perasan yang ada didalam diri. maka dari itu sebelum rasa sesal menghinggapi kita. bersyukurlah dan hargailah kedua orang tuamu khususnya ibu kalian. karena kasih sayang seorang ibu tak akan pernah tergantikan sampai kapanpun. tulisan ini sengaja saya buat agar teman2 yang masih mempunyai orang tua khususnya ibu menjadi lebih sadar akan pentingnya seorang ibu di kehidupan kita. dan tulisan inipun mewakili perasaan penyesalan saya karena belum mampu membalas kebaikan ibu saya hingga tuhan mamanggil beliau untuk naik ke surga. "maaf ma", inu belum bisa membalas semuanya. smoga mama tenang dan bahagia berada disisinya. dan mohon maaf bila ada salah kata dan ada kata yang menyingung teman2 sekalian. terima kasih
: sebuah note dari teman saya, julius wisnu.
seorang teman smp, yang kemudian
dikenal dengan panggilan black.


tadi malem, sebelom tidur, gw dapet tag-an note berjudul "IBU" ini dari blek. sempet baca awalan note-nya, tapi lantas gw tertidur dengan masih memegang bb gw dan belom menyelesaikan membacanya. dan gw baru inget beberapa menit yang lalu tentang note ini. gw menyelesaikan membaca dan baru mengerti, kalo blek baru ditinggal ibunya.

dan tadi malem, mimpi gw, entah gimana.. gw berada di rumah sakit, dengan nyokap yang terbaring di tempat tidur. ceritanya mamih sakit, dan sakitnya itu gatau gimana adalah toksoplasma. dan keadaan disitu adalah bahwa si mamih memaksakan buat tetep hamil. sungguh aneh memang, tapi namanya juga mimpi. terusnya, disitu gw marah-marah. kenapa sih nyokap tetep maksain hamil padahal kalo diliat, ya mamih ga mungkin lah maksain mertahanin si bayi dengan sakitnya mamih itu, dan apa iya, ga cukup ya dengan keberadaan gw dan julian. pokoknya disitu gw malah menyalahkan mamih gitu lah! gw nangis sejadi-jadinya di mimpi. antara kesel kenapa mamih milih buat punya anak lagi, padahal udah ga perlu. dan bukan karena gw akan jadi ngiri atau gimana, tapi udahlah, udah ga perlu lagi, kan?! dan nangis karena kesel sama diri sendiri, kenapa gw harus marah-marah sama mamih padahal keadaannya tuh mamih lagi sakit parah banget.

gilaaaa... rasanya pengen banget bangun dari mimpi buruk gw! dan gw sangat amat bersyukur ketika gw mendengar teriakan, "jessiiiicaaaa!! banguuuuuun!! jadi mau ikut ke mangga dua gaaaa?" yeeeeess! alhamdulillah! semuanya cuma mimpi. ya Allah, semoga semua akan baik-baik aja. terima kasih, udah memberikan mimpi itu. mungkin teguran dariMu, biar jessica lebih care sama orangtua.

dan thanks banget buat wisnu/blek, yang ngetag-in gw note itu.. makasih banyak blek. semoga elo, gw, dan semua orang, bisa membayar apa yang telah diberikan sama orangtuanya. bukan dengan materi, tapi dengan kesuksesan, dengan hasil yang jaaaauuuuhh lebih bisa bikin mereka bangga akan keberhasilan kita. pray for your mom, blek. she'll be fine, and she'll be happy for you. she's an angel now, and she'll always be where-ever you are ;)

2 comments:

Anonymous said...

kehilangan seorang ibu memang benar2 menyakitkan. rasanya ga karuan, separuh semngat hidup juga ikut hilang. kata 'sedih'tidak bisa mewakili perasaan si anak yg baru kehilangan ibu. rasanya bener2 hancur. perasaan si anak sdh ga bisa dideskripsikan.
sekangen apapun kita, kita udh ga bisa ketemu lg dgn ibu. mimpi? mungkin bisa ketemu lewat mimpi tp itupun blum tentu.

Anonymous said...

saya berdoa untuk ibu wisnu semoga semua dosanya diampuni dan diberi kebahagiaan dan ketenangan di alamnya, melebihi kebahagiaan yg sdh diberikan ibu wisnu kpd wisnu selama hidupnya. untuk wisnu, saya berdoa agar wisnu tetap kuat dan tabah menjalani hidup sepeninggal ibu. seberat apapun, Tuhan pasti akan menolong wisnu. amin.