Friday, March 06, 2009

bibit, bebet, bobot

abis ngobrol-ngobrol sama gita, tentang gimana setelah dewa ke rumah, tentang gimana mamih ke dewa, dan kata gita,
wah je, ternyata keluarga lo masih jawa, yah.. mamih masih mempertanyakan bibit bebet bobot gitu-gitu ya..
gw sempet mikir, iya juga. dari dulu mamih selalu mempertanyakan tentang orang-orang yang deket sama gw. tanpa gw sadari. dulu, gw selalu berpikir, kalo nyokap gw pengen tauan banget, sih. urusan orang, juga.. tapi baru kali ini, gw menjawab semua pertanyaan mamih dengan senang hati. dengan seadanya. dengan sejujurnya dan tanpa rasa bahwa mamih itu menyebalkan dan rese. dan baru setelah gita bilang tentang bibit bebet bobot itu, gw menyadari, gw bisa menjawab semua pertanyaan mamih dengan baik dan benar, dan dengan respon yang baik juga. sangat baik. yah, semoga aja, ini pun akan membuat hubungan gw dengan dewa baik-baik aja. semoga mamih pun dengan senang hati melihat gw berpacaran.

Arti bibit adalah rupa, asal-usul, keturunan
"jessica, dewa orang bali? babap nanya gitu, mukanya kaya orang bali katanya."
"apanya bali?! orang jawa kok, mih.. tapi gatau sih, jawa mananya.."

Arti bebet adalah keluarga, lingkungan, dengan siapa teman2nya
"bapaknya dewa kerja dimana? ibunya? dia punya adek?"
"bapaknya sih kerja di pelabuhan gitu, tempatnya peti kemas gitu deh. apa sih namanya? container? pengemasan? gitu deh mih, jessica juga lupa apaan. biasa lah, aku kan suka ga mudeng. kalo ibunya sih ibu rumah tangga. dia anak pertama, adeknya 2 orang cowo-cowo juga."
"terus, dia dari tanjung priuk naek motor tuh kalo ke rumah? emangnya dia ga bisa bawa mobil?"
"katanya sih bisa bawa mobil, tapi aku ga percaya! lagian dia kedoktrin kata-kata bapaknya, ga boleh bawa kendaraan sampe punya kendaraan sendiri. mau dibeliin, atau beli sendiri, jadi mobil di rumah paling di pake bapaknya."
"oh ya? bagus dong kalo gitu. pokoknya kamu kalo naek motor sama dia, jangan malem-malem. mamih sih gapapa, kamu naek motor sama dia. tapi kalo pulang kuliah gitu, jangan malem. kasian kan dewanya, udah rumahnya jauh, pulangnya juga jadi malem banget."

Arti bobot adalah nilai pribadi/ diri yang bersangkutan. disini termasuk kepribadian, pendidikan dan kepintarannya, pekerjaan juga nilai pribadi seperti gaya hidup dan IMAN.
"dewa rajin solat ga?"
"hmm? gitu lah, solat-solat engga gitu.."
"mamih maunya, anak-anak mamih kalo dapet jodoh tuh yang seiman aja. apalagi kamu, harus punya orang yang bisa jadi imam kamu."
"amiiin!! iya mamih, terima kasih."
"terus, kuliahnya dia gimana? bener ga?"
"yaaaa.. bego-bego dikit lah, dari aku! ip-nya sih dibawah aku, tapi ga pernah 1 kok. tapi ya gimana ya, padahal sih dia lebih terampil dari aku."
"anaknya kreatif gitu?"
"kreatif maksudnya gimana nih? kalo soal ngakal-ngakalin sesuatu, bisa lah, dia.. misalnya memanfaatkan sesuatu jadi guna gitu bisa.. terusnya suka cepat tanggap gitu lah, kalo bikin sesuatu."
"ooh gitu ya.. terus, dia ngeband?"
"iya! anak band!"
"haaaah?! aduuuhh.. ngebandnya suka keluar-keluar gitu? awas ah, nanti kaya giring nidji!"
*mulai merasa pertanyaan mamih annoying*
"enggaaa.. dia sih ngeband cuma di kampus doang, buat seneng-seneng sama ramein acara gitu. apaan sih? kok tiba-tiba giring nidji gitu?"


hahahaa.. seperti itulah si mamih. dan itulah yang gw ceritakan ke gita. hmm.. semoga akan baik-baik saja yah. semoga kedepannya gw bisa mendudukan dewa dan keluarga gw. amin :)

No comments: