Thursday, January 08, 2009

uhhmm

seperti yang kita tau, kalo perang di jalur gaza itu sangat happening sejak akhir tahun 2008 kemaren. sementara umat kristiani merayakan natal, disana perang. sementara orang-orang di berbagai negara merayakan tahun baru 2008-2009, disana masih juga perang. dan bahkan, sebelum pergantian tahun itu, ketika umat islam ngerayain tahun baru islam, disana engga ada juga tuh, toleransi dan sedikit aja kenyamanan.

gw mendapatkan beberapa tag foto di facebook tentang tentara-tentara yang mengarahkan senapannya ke anak-anak. waktu pertama liat, yang ada di kepala gw, "lebay aaah.." dan beberapa foto lainnya bikin gw bosen dan ga iba. bukan karena ga punya hati, tapi gw mikir, ini politik, dan banyak banget permainan politik.. rekayasa foto pun bisa terjadi. tapi rasa iba itu muncul kalo nonton cuplikan-cuplikan ibu-ibu ngebawa anaknya yang berdarah-darah sebagai korban ga bersalah, saat anak-anak terluka dan nangis menjerit-jerit. mungkin jangan terlalu membela salah satu pihak. gatau sih, gw kurang mengerti dan kurang tertarik akan hal ini, tapi gw malah mendukung orang-orang indonesia yang menyiapkan diri untuk apa yang mereka bilang jihad. yang katanya nanti kalo mati, matinya masuk surga. orang-orang di indonesia selalu seperti itu, kalo ada perang di negara-negara islam sana. ya mungkin orang-orang di negara lain juga gitu sih. tapi mereka membedakan mati jihad sama mati konyol ga yah?

on the other hand. di dalam negri sendiri, kasus dibebaskannya pelaku pembunuhan munir cukup ramai. kenapa yang katanya salah bisa dibebaskan yah? tapi gatau juga sih, kalo ternyata bukan dia dan semua cuma kesalahan tuduhan belaka.. tapi siapa yang tau?!

beberapa hari lalu, mobil gw dijadiin mobil buat ngederek mobilnya ai. mobil gw disetirin ato, ada gw, oji, cintana, sama echa. di mobil ai sendiri, isinya gogon sama rhino. tadinya kita mau nonton di sensi, tapi gajadi karena mobilnya ai mogok. di jalan ngederek ke rumah ai, kita ketemu polisi berpatroli, dan juga mobil pm lewat. babi. mereka lewat, lewat aja lho. katanya, polisi mengayomi masyarakat. terus, ada masyarakat nih ya, yang butuh bantuan. dia lewat, lewat aja sih dengan enaknya. mungkin melihat kita jalan pelan di sebelah kiri, lampu nyala, dan plat ga mati aja kali yah. ngepet. nanti kalo kita bikin salah, baru nyamperin. nilang. ujung-ujungnya duit. tapi kita juga bersyukur sih. mendingan ga usah disamperin polisi, daripada dia nawarin mobil derek, tapi ya itu.. ujung ujungnya duit. haha.. ga sopan. polisi-polisi itu yang ga sopan.

beberapa hal ini bikin gw memikirkan, siapa yang salah, siapa yang bener. masih ada yah orang orang dewasa dan yang katanya penting itu, yang punya akal sehat?

No comments: