Monday, April 07, 2008

family's expectation

menyusul perbincangan gw gita dan echa di kampus, terjadi perbincangan menarik lagi di hari ini antara gw, mamih, dan tante nia.

gw lupa berawal darimana, tapi pada akhirnya sampailah kita ke seputar perlelakian dalam kehidupan gw. engga dibahas yang dulu-dulu tapi yang akan datang.

tante nia (juga tante iris ataupun tante ony yang pernah bilang sebelom ini) bilang,
gw harus cari pacar yang pinter, mapan, tampang oke, ga kuper, seiman, dan ini itu yang gw sendiri lupa apa aja. mamih mengiyakan semua persyaratan si tante. paling engga, sekarang ini kuliah harus jelas dan seiman.
(iya iya iya, on the way. ga gampang nyarinya!)


tante nia juga bilang,
gw harus mencari teman yang bisa membawa gw ke pergaulan yang lebih luas sehingga link mencari pacar juga lebih luas. latar belakang keluarga harus bagus, pendidikan minimal ui dan itb, kalo perlu cari pacar di luar negeri. nyuruh gw ikut home stay biar bagian pacar-dari-luar-negri itu terwujud.
(aduuh. sabar kenapa sih! ga segampang itu. gw ke ui pun engga ada yang menarik pemandangan gw. temen gw anak itb pun anak desain, jadi yang dapetnya pasti slengean juga gayanya!)


dan lagi lagi tante gw berkata,
gw harus mulai concern sama penampilan. perhatikan wajah, ngeblow rambut, tampil kece, belajar dandan yang bener, jangan terlalu cuek, jaga makan, dan memperhatikan printal printil dalam diri saya. dengan begitu bisa tampil lebih menarik, ga acak-acakan.
(aduh sumpah ya. kenapa sih susah banget nerima keadaan gw sekarang ini? gw aja susah payah meyakinkan diri gw kalo gw ini manis dan oke lho, tante! biarpun pinggul cacat tinggi sebelah akibat skoliosis brengsek itu! tenang deh tante, gw masih males tampil kece secara keseluruhan, tau! ntar juga dateng kok saatnya!)


hhh.. kita bertiga ngobrol sambil ketawa-ketawa ngakak, sampe akhirnya gw bilang, "eh tanteee! lo pacaran sama orang luar juga, akhirnya kaga dapet juga kaaaaaan? hahahahhaa.. masih juga menyendiri.. adoooh ampun tanteee!" SKAK MAT! dia bersumpah serapah, "biarin aja! yang penting gw okeee!" hahahhaha.. ga mau kalah deh, lo!

kita pun membahas kehidupan regina, rita, dan agnes, temen-temen gw yang familiar di keluarga gw. membahas percintaan rita yang adem ayem 4 tahun sama sid, agnes yang hidupnya terus gantung menggantung, dan regina yang paling seru dibahas. yang ada di pikiran gw, "gilaa.. regina tiap dateng acara keluarganya, cowonya bedaaa teruuuss.. dan gw? 1 pun belom pernah ada pacar atau gebetan yang gw ajak ke acara keluarga. ya juga, kehidupan percintaan regina selalu nampak diatas awan, walau sebenernya pernah juga terkubur dibawah tanah. hehehe.. tapi mendengar kehebatan posisi regina memikat lelaki, tante nia semakin semangat mempererat pertemanan kita. hahha.. sialan banget deh nih tante emang! gw cuma bisa bilang, "ga deeh.. kayanya kalo aku minta cariin pacar sama regi, yang ada gw kedapetan bayar karmanya dia melulu! ga mau! cukup deh gw sama agnes bayar karmanya dia.. hahaha" dan si wanita-wanita ini tertawa mendengar kisah-kisah gw regi agnes (maaf ta, kamu sudah terlalu damai sama sid soalnya :p) ..

mmm.. hmmm... sepertinya keluarga gw berekspektasi terlalu tinggi. atau gw yang melihatnya terlalu tinggi, sementara sebenernya itu semua bisa aja diraih? gw terlalu takut untuk engga bisa memenuhi yang mereka mau. gw rasa, ga mungkin dari semua itu bisa gw penuhi. ya gatau sih, belom ketemu aja kali yah sama orang yang kaya gitu. lebih tepatnya belom saatnya aja ketemu yang kaya gitu. lagian sekarang ini gw masih belom mau settle sama seseorang deh. jujur yah, bukan berarti gw player lhoo.. :p hehe.. tapi rasanya masih belom bisa aja. kalo aldo bilang sih, gw kebanyakan puber. ahahhaa.. keterlaluan masih seneng mainnya, dan masih seneng liat liat pemandangan indah yang diciptakan Allah tanpa ada yang merasa jealous. heheheee..

sebenernya gw tau, yang nyokap dan tante-tante gw mau, cuma biar gw bisa hidup layak nantinya. mereka mau orang yang berprospek, berpenghasilan tetap untuk menghidupi gw dan keluarga, dan hidup gw nyaman sama orang yang gw sayang dan sayang sama gw. dan gw juga tau, melihat kegagalan rumah tangga tante iris, permasalahan mertua tante ony, serta tante nia yang diumur akhir kepala 3-nya yang masih melajang, juga ngeliat om didit anak cowo satu-satunya yang sekolahnya dulu berantakan dan sekarang hidup berkecukupan biarpun beda dari kakak-kakaknya yang Alhamdulillah banget, mereka semua gamau gw mengalami yang mereka alamin. gw ngertiii baaanggeeet.. makanya mereka menetapkan standar-standar tersendiri buat gw.

tapi disatu sisi, gw merasa standar-standar tersebut yang jadi kegagalan yang dialamin tante iris maupun tante nia. mereka berdua terlalu perfeksionis, terlalu tinggi, terlalu pintar, terlalu high class, terlalu mapan, terlalu sukses, terlalu wanita karier... sehingga mereka mau yang lebih tinggi dari mereka, yang akhirnya akan diterapkan ke gw. dan gw rasa, hal-hal tersebut yang sebenernya jadi ketakutan gw. bukan berarti gw ga mau sukses, tapi gw takut kalo gw juga jadi high expectation gitu lhoo.. terus kalo gw mapan, laki-laki yang mau sama gw karena uang doang, apa ga na'as tuh hidup gw? gilaaa gw baru sadar kalo hidup di hari esok saat jadi orang dewasa tuh ribet abis yaaa.. berawal dari masalh percintaan aja, ujung-ujungnya belom tentu nikah.

karena putus asanya mikirin hal kaya gini, gw sampe bilang sama mamih, "mih, aku sama andi udah janjian nikah kalo udah kepepet. pokoknya dia baru mau nikah kalo udah S2 kok. tenang aja. tapiii.. kalo akhirnya pun gw engga dapet jodoh, mendingan gw dijodohin aja kali yaa.. pusing tau ga sih?!" dan nyokap cuma ketawa. mungkin dia heran, hari gini orang treak-treak gamau dijodohin sama pilihan orangtuanya, gw malah minta dijodohin. hahahha.. sungguh.. padahal gw bener-bener mempertanyakan tentang perjodohan di postingan ayat-ayat cinta gw, tapi kenapa kali ini begini?! hahahahaa..


No comments: