Friday, September 23, 2005

jurus ikhlas

nayra : "jee.. kamu udah denger jurus ikhlas yang kak ridwan ceritain belom?"
jeje : "belom.. emangnya knapa?"

ada cowo yang mau pacaran sama anaknya pa ustadz, tapi mereka beda agama. cowo ini memberanikan diri ketemu sama pak ustadz dan bilang kalo dia mau melamar anaknya. karena tau beda agama, akhirnya pak ustadz memberikan syarat syarat.
  1. belajar sholat. cowo itu pun akhirnya belajar sholat dan bisa.
  2. belajar ngaji. akhirnya cowo itu beneran belajar ngaji,dengan susah payah dan bisa.
  3. ketiga, pak ustadz bilang, "kamu harus belajar jurus ikhlas. pokoknya kamu cari tau apa itu dan gimana bentuknya. harus ketemu. kalo udah, kamu saya restuin sama anak saya... kalo kamu ga dapetin apa itu jurus ikhlas, anak saya akan saya nikahkan dengan orang lain.."
cowo itu pun mencari tau kesana kemari dan engga nemuin apa itu jurus ikhlas, "pak ustadz, saya nyerah. saya gatau itu apa dan dimana belajarnya." kata si cowo waktu menghadap pak ustadz.

pak ustadz bilang,
"kamu beneran mau nyerah? kamu ga mau mempertahankan cinta kamu?"
si cowo,
"yaudah lah pak.. saya beneran engga tau apa itu jurus ikhlas. kalo saya ga bisa, yah mau gimana lagi? mungkin dia akan lebih bahagia sama pilihan bapak. saya rela kok.."
pak ustadz tersenyum,
"kamu beneran rela?"
si cowo mengangguk,
"beneran pak.. saya rela kok kalo dia dapet yang
lebih baik, karena pilihan pak ustadz kan pasti yang terbaik..."
pak ustadz,
"kamu tau apa itu jurus ikhlas? jurus ikhlas itu waktu kamu ngerelain orang yang kamu sayang, orang terdekat kamu untuk pergi ninggalin kamu dan kamu engga ada beban. mungkin emang berat, tapi pasti kamu bisa. dan kamu udah nemuin apa itu jurus ikhlas..."
senangnya ketika kita bisa melihat seseorang yang kita sayang dan berarti pergi untuk sesuatu yang lebih baik. walaupun sebenarnya berat, memang. mereka tidak akan pergi jauh jika kita benar benar merelakan. karena someday, someway, somehow, they will return by the time... =)

untuk mereka yang belajar merelakan.. ^^

No comments: