Monday, June 30, 2008

terima kasih, bapak

cari uang emang ga gampang.

tadi pulang kuliah, di depan gw ada mobil dinas kebersihan jakarta.
mobil bak, yang membawa serombongan pembersih sampah jakarta.

ada segerombol ibu ibu,
beberapa bapak paruh baya,
dan beberapa lagi mas-mas.

cape yah kalian?
bapak yang duduk paling pinggir terantuk,
dan dia memejamkan matanya dibawah terik matahari.

panas sekali ya, siang ini?
terik raja siang menyelinap masuk ke mobil saya,
bagaimana dengan kalian?
dihujani panasnya lhoo..

maaf jika saya masih saja mengeluh akan macet,
maaf jika saya masih saja mengeluh ingin cepat pulang,
lalu melanjutkan dingin ac mobil dengan dingin ac kamar,
lalu tertidur pulas di istana kecil saya.

dan kalian.
entah mau kemana,
dan darimana,
dan entah akankah kalian pulang dengan sejumlah uang
untuk memenuhi kebutuhan keluarga
lalu tidur nyenyak tanpa memikirkan apa-apa,
selain kecukupan materi dan mengurus diri..

huff.. bukannya sekarang gw sok sok-an. atau apalah itu namanya. tapi siapa sih yang tega, liat mereka kaya gitu. udah abis nyapu jalanan yang ga berenti-berenti kotornya, siang-siang pula. belom lagi mungkin mereka pernah nyaris mati dihampiri bis-bis jakarta yang asal-asalan menepi ke pinggir jalan setelah kecepatan-supir-bis-yang-kita-semua-tau yang suka tiba-tiba menepi dengan rem seenaknya untuk mengangkut penumpang. siapa yang tau, supir supir itu nyaris menyerempet mereka yang sedang menyapu di tepi jalan juga?!

pakaian jingga yang mereka gunakan tidak menambah kehidupan mereka menjadi lebih cerah yah, nampaknya?!

sampe malem ini gw masih inget muka bapak yang cape banget dan memejamkan mata berusaha untuk tidur itu. yang bersandar pada suatu tumpukan di belakangnya, atau mungkin sepasang kaki milik rekan kerjanya. entah apapun itu, tapi iba rasanya.

siang tadi bikin gw lebih menghargai apa yang udah gw dapet. pekerjaan enak di dalam ruang, dengan minuman gratis dan makanan yang ga abis dari pastry case yang bisa dibawa pulang . ya emang sih, untuk pulang dengan kue-kue itu gw harus kerja sampe jam 1 pagi dari sore atau malam hari sepulang kuliah, atau pulang jam 3 pagi saat weekend dimana biasanya dulu gw pergi-pergian sama temen-temen.

ya, mungkin ini bukan bidang yang seharusnya gw ambil, seperti yang nyokap gw bilang. pekerjaan yang gw jalanin bukan pekerjaan yang berhubungan dengan kuliah gw, tapi gw liat temen-temen kerja gw pun banyak yang bukan anak perhotelan yang biasa memegang dishwashing, clean-up, menyajikan makanan dan minuman. ada anak hukum, broadcast, akun, sampe sospol pun ada. lantas apa salahnya gw disana karena gw menikmatinya kok. awalnya pun gw berpikir untuk ga lama-lama di starbucks. tapi lama kelamaan gw merasa sayang kalo cuma kerja sebentar-sebentar. sayang aja, gw udah ngerasain dimarahin, bersihin distrapan, yang kadang bau kadang kaya muntahan bayi (hahaha), ngelakuin pekerjaan yang paling gw hindari di rumah dimana itu adalah mengepel, sampe melakukan kesalahan-kesalahan yang udah bisa gw perbaikin, terus gw mau ninggalin itu cuma buat 2-3 bulan? ga deh. masih engga kepikiran sama gw.

dan ditambah dengan pandangan mata gw tadi. gw sungguh sangat amat merasa bersyukur. gw bisa berada di posisi gw sekarang. dan bukannya merasa sombong, but i know that i'm a step ahead from my friends. gw mahasiswa dan gw punya pekerjaan tetap, dan Alhamdulillah bekerja dengan pendapatan di setiap bulan (biarpun baru sebulan dan walaupun gaji pertama udah hampir abis, tapi gw masih kesenengan sampe sekarang).

hmm.. buat temen temen yang udah bisa berpenghasilan sendiri, sukurin yah apa yang kalian dapetin. pekerjaan yang kalian jalanin, yang berhubungan atau tidak sama kuliah kalian, kalian udah bisa berpikiran jauh lebih baik lho.. bekerja itu mengorbankan beberapa hal yang kalian suka sih, sebenernya. waktu main jadi lebih sedikit seperti yang gw rasakan, dan waktu untuk bepergian ke singapore seperti pada liburan-liburan yang sudah-sudah juga rasanya terancam binasa deh! padahal tanggal 12 agustus 2008 ini ada death cab for cutie di singapoooooreeee! belom lagi singapore great sale. aadoooh! dan mba dewi nampaknya tertarik juga. huaaaaaaaa.. hahahahha.. keluar kan, plin plannya gw. hahahaha.. that's why i said before, bekerja mengorbankan kesenangan yang biasanya lo lakuin. tapi ga separah itu kok.. namanya juga part-timer. tetep ada kebahagiaan dong! yihaaaa..


"i'm busy. busy playing, because work is play when it is something you like"
: andy warhol :



No comments: