Monday, May 10, 2010

keingetan dulu..

di suatu sore, dari bale-bale himpunan tempat gw duduk sama gita yang menghadap ke arah gunung agung, kita mempertanyakan kelakuan 4 orang cowo. sebut saja namanya dewa, david, hendrik dan adi bintang. kenapa diperhatikan? karena keempat cowo ini sedang asik bermain bambu. bambu yang lebih tinggi dari mereka dibuat mainan dari loncat galah sampe kendo-kendoan. keempat cowo itu keliatan seru banget macem bocah umur 7 tahun main perang-perangan. padahal umur mereka udah kepala 2 dan pertanyaan yang gw lontarkan ke gita adalah, "apa ya yang ada di pikiran anak-anak fakultas lain yang lewatin desain dan ngeliat kelakuan my boyfriend dan your ex-boy sama anak-anak itu?" yang akhirnya menimbulkan pernyataan, "gw rasa anak-anak fakultas lain yang lewat sini mikirnya, 'ini anak-anak desain apa ga ada yang TA apa ya? ga ada yang mikirin skripsi apalagi lulus kali ya.. perasaan kalo lewat desain, ada aja mainannya apa acaranya..' ya lagian di desain kalo ga acara musik tiap bulan, ada aja konyol-konyolannya. segala SKJ-an lah, apa nongkrong-nongkrong doang ampe tengah malem.. ga aneh lah ya kalo mereka bisa mikir gitu tentang anak desain.."

kalo diliat pada sore itu, yang asik bermain bambu itu adalah laki-laki bersosok "dewasa". yang jenggotan, yang kumisan, jambang, badan bongsor, muka juga ga muda-muda amat. sementara yang (kalo di fakultas lain) botak-botak yang katanya junior itu duduk manis ngakak-ngakak ngeliatin senior-seniornya maen. ya berhubung di desain kalo udah semester 2 udah ga ada junior-junioran lagi (tapi tetep lah menghargai senior. ciee gitu :p), itu anak-anak 2009 seneng-seneng aja ngeliatin seniornya seru-seruan sendiri dan lebih anteng dari kelakuan kakak-kakaknya.

diantara perhatian kepada permainan bambu, gw sama gita juga memperhatikan tingkah laku sepasang laki-laki yang sebut saja bogie dan ebi yang cekakak cekikik ngeliatin hp dan curi-curi melirik ke depan himpunan. ada seorang cowo yang kalo disamarkan namanya adalah ares. dan ketika tau si ares ini tidur dengan posisi topang dagu, mereka berdua langsung buru-buru berusaha merekam tingkah laku si ares. padahal kalo bisa direkam, tingkah laku bogie sama ebi lebih ga penting lagi daripada si ares. tingkah laku mereka berdua bener-bener duet maut brengsek yang bikin ketawa riang.

dan dari beberapa tingkah laku anak-anak yang gw simak pada sore itu, gw kepikiran bahwa (Insya Allah) ini adalah tahun terakhir gw di desarupa. gw baru memulai beberapa bulan pertama gw di semester 8, gw baru mulai mengerjakan makalah TA dan sepanjang-panjangnya perjalanan menuju sidang di bulan agustus, gw menyadari kalo itu akan sangat cepat.

dipikir-pikir, ga akan ada tahun terakhir kalo ga ada tahun pertama. ospek hari pertama yang telat. udah mana sebelum ospeknya disuruh foto pake caping, kaos gambar sendiri, celana training sama sepatu boots belang di food court PIM 2 (yang pada saat itu pim lagi hype banget :p) dan fotonya juga harus didampingi mas-mas food court-nya buat foto di name-tag. bikin kardus (ga boleh langsung jadi) ukurannya gw lupa dan dijadikan sebagai tas dengan pikulan layaknya tukang dagangan. isi tasnya? buku gambar, alat gambar, lepet dan bajigur buat sarapan, makan siang pake jengkol coklat dengan sayuran yang gw lupa, ada kue putu, susu bantal, pisang dempet dan lain-lainnya. dan untuk bawaan ospek di hari kedua, udah colongan nyiapin karena luni dikasih bocoran sama pacar kakaknya. udah disiapin sama mba sum padahal, tapi krn ga enak badan sepulang ospek hari pertama dan mimisan berkali-kali, akhirnya ga ikutan hari kedua.

dan di hari pertama kuliah, kelas 1 dkv 3 disamperin senior dan ditanyain siapa aja yang ga ikut ospek dan ga ikut ospek 2 hari. kayanya sebenernya sih bisa boong, tapi jujur-jujur aja tuh.. abis dimaki-maki kakak senior, disuruh bikin buku karya. yang pada saat menjalani masa-masa buku karya, rasanya dari dongkol sampe seneng. antara pengen cepet pulang sama pengen lama-lama di kampus biar cepet selesai itu 100an lebih kertas hvs diisi karya senior. ditengah masa-masa buku karya, anak-anak 2006 juga bolak balik dikumpulin sama 2004 buat bikin inagurasi. partisipasi saya? cuma secimit sekali. di kampus kalo pulang kuliah ngebantuin bikin dekor pun cuma sekali dua kali. jadi panitia inagurasi? engga. pas inagurasi dateng cuma beberapa jam, bantuin jualan rokok terus balik. abis itu masa-masa dikumpulin buat kemping. boongin kakak senior bilangnya mau ikut kemping, dan akhirnya diajak ke singapur sama mba dewy. ilang kasus. dan tidak lupa, masa-masa semester 1 yang hampir dihabiskan di tayeb dalem, karena diajak nongkrong disitu sama kakak dan temen-temen kakaknya gita yang adalah anak-anak hukum. ah, gita.. dari pertama masuk kelas dkv 3, sampe sekarang ya git, jadi partner in crime. hahaha..

setelah kemping, anak-anak 2006 udah bebas. tapi tetep segan dong, apalagi pas dikumpulin dan dibentak-bentak puput atau tedjo gitu deh lupa, di himpunan kecil karena ga ikut kemping. ngiri sih, ngeliat temen-temen yang udah asik dengan bebas bermain di depan himpunan dan cengangas cengenges sama kakak-kakak senior, sementara gw sama gita masih berusaha kabur dari sekedar tatapan para senior. tapi akhirnya dengan hasutan anak-anak cowo 1dkv3 yang abis ikut kemping, mereka mengajak anak-anak kelas yang ga ikut kemping ke acara MUSIK PG yang diketuai hendrik atau idrus gitu, ya.. yang mau ikut? cuma gw dan gita, dengan memohon-mohon ke anak-anak seperti idrus, garet, hendrik, gusti, alex, untuk tetep setidaknya menemani sesekali dua kali di acara musik itu.

pada akhirnya gw sama gita jadi makin sering main sama anak-anak. gw inget waktu anak 2005 megang 2007, entah gimana ceritanya tiba-tiba ranoy nyuruh gw jadi anak acara di workshop do-fun (do something for fun) buat 2007. pada masa-masa yang sama, sampailah di suatu malam menjelang pulang, gw sama gita dipanggil pinka buat jadi anak acara di kemping 2007 : KURINTANG. mau ga mau ya mau. ga maunya karena ga enak sama anak-anak yang udah kemping, yang harusnya lebih berhak ngejalanin jadi panitia dan 2006 yg jadi anak acara cuma gw & gita. masih inget juga sih, lagi jalan santai-santai lewat depan bu joko dipanggil rino dan disuruh jadi sekretaris himpunan dan ikut raker yang ternyata raker itu sungguh melelahkan.. engga kaya rapat pas acara pada umumnya. hiihihii..

ya selain bantuin acaranya 2005, udah pasti bantuin acaranya 2006 sendiri. POD, MUSIK TAMAN yang "jadi banget", MUSIK ON, ikutan SAUR ON THE ROAD-nya 2006, sama temen-temen 2006 ngurusin 2008, jamannya ngumpul-ngumpulin 2008 gw mau sok jadi bad cop tapi kerjanya cengengesan mulu dah.. hahaha.. follow up INAGURASI 2008 dan dateng ke acaranya di kota, ngadain PIKNIK CERIA yang ceria cuma alfian sm billy krn cuma mereka 2008 yang ikutan. ngadain KAMPUNGAN yang mendadak bikin gw kreatif dan imajinatif dan mampu menggambar cepat dengan peralatan seadanya, sampe penutupannya yang seru dan semua tentang 2008 diakhiri sebagai panitia acara di HOMPIMPA kempingnya 2008 yang berakhir penuh cinta. acara-acara lain yang dilewatin juga banyak dong, hampir ga pernah absen sama hedonisme desain yang dipandang sebelah mata sama fakultas lain. dibilangnya desain kerjaannya seneng-seneng terus, tapi selagi kita bisa seneng-seneng ngapain dibuat ribet sih ya? udah mana sehari-hari kerjaan numpuk, ya harus ada waktu bermainnya laaaah jangan banyakan ngerjain tugas bisa stress cepet mati ntar..

sekarang? yaudah sekarang lagi sok sibuk aja jadi sekretaris parlemen. lagi sibuk sama makalah TA yang ga selesai-selesai. akan sibuk sama visual TA yang waktunya singkat. akan sibuk ngurusin pacal yang lebih ga selesai-selesai makalah TA-nya daripada gw.

aah, terima kasih kakak-kakak 2003 yang udah ngospek, terima kasih kakak-kakak 2004 yang udah marah-marah sama adek-adek 2006nya hampir tiap hari, terima kasih 2005 atas ajakannya, terima kasih 2007 atas kerjasamanya, terima kasih 2008 yang udah dibuat kesel demek nangis sampe ketawa sampe nangis lagi, terima kasih 2009 untuk masih mau jadi bagian dari desarupa. terima kasih banyak temen-temen 2006 yang sampai saat ini masih ada untuk kuliah, untuk TA dan untuk bermain. hahahhaa.. i love you all desarupa :)

ga berasa, ga nyangka,
ga pernah kepikiran aja kalo akhirnya udah sampe disini
dan udah ngelaluin semuanya ;) dan semoga sisanya berjalan dengan lancar.

No comments: