Monday, September 30, 2013

Indonesia-nya menyedihkan :(

Hari ini ngobrol sama temen kelas yang namanya Darwin, orang Venezuela. Tahun lalu dia travelling ke Asia tapi ga ke Indonesia karena visa-nya baru bisa jadi 1-2 minggu setelah dia apply, sementara dia harus berangkat ke Bangkok kaya 3 atau 4 hari dari hari dia apply visa Indonesia itu. Batal lah dia ke Bali. Dia bilang, dia udah googling dan pengen banget ke Bali. Tapi di satu sisi, dia juga takut sama terorisme yang terjadi di Indonesia. Katanya dia pernah baca kalo di Indonesia tuh terorismenya sampe penculikan gitu. Katanya orang bisa ilang diculik dengan ciri-ciri gerombolan terorisnya kaya pake penutup kepala warna merah. Pusing gw mikirinnya. Hah? Gw ga pernah denger deh perasaan. Apa sih? GAM? Itu kan udah ga jaman. Apa lagi? PKI?? Udah lebih basi lagi deh. Ih dia baca berita jaman kapan sih? Jangan-jangan baca berita jaman Pak Harto kali tuh..

Untuk pertama kalinya gw merasa sedih deh, negara gw sampe diberitakan begitu di negara lain. Ya entah dia yang salah info, telat baca berita, atau baru baca sejarah Indonesia, tapi kenapa sih, kok kayanya serem banget ya negara gw? Kesannya macem negara konflik. Padahal juga ga ada kejadian kaya mall di Kenya yang tegang kaya main Counter Strike. Emang sih demonstrasi udah makanan sehari-hari dan pake ada rusuh-rusuh kecil gitu, tapi engga yang berdampak buruk banget, palingan nutup jalan jadi macet. Hehehe.. 

Terus tiba-tiba dia nunjukin berita tentang 33 orang ilang dari kapal. Ada di halaman pertama google begitu search "Indonesia". Terus nunjukinnya pake bahasa Venezuela. Apa sih bahasanya? Bahasa Spanyol yah? Kan gw ngerti tuh bradeeeer.. Terus dia mengartikan katanya ada kapal yang lewat Indonesia, terus 33 orang ilang terus ada yang meninggal ada yang selamat, penumpang kapalnya bukan orang Indonesia. Gw pas dengernya, kaya denger cerita misteri. Sial.

Akhirnya dengan bahasa Inggris gw yang seadanya, yang ga pernah-pernahnya dipake buat ngejelasin masalah dunia, gw usahakan sebisa mungkin menjelaskan bahwa berita terakhir yang gw tau, biasanya kalo ada kapal lewat Indonesia, itu segerombolan orang Afganistan atau Pakistan atau Palestina atau mana gitu, pokoknya negara di Middle East yang lagi perang. Mereka kabur dari negaranya, mau ke Australi tapi kadang kapal mereka karam. Di Indonesia sih ada daerah namanya Bogor, yang punya shelter buat mereka-mereka. Entah abis itu dipulangin ke negara asal atau dikirim ke Australi, tapi ya ditampung sama pemerintah Indonesia. Baik kan? Gw jelasin aja gitu, ya.. Hahahaha.. Akhirnya gw googling aja "Indonesia 33 people." Dan ternyata penjelasan gw engga ngarang. Begitu gw dapet beritanya, bener kan pasti maksudnya imigran gelap itu. Hhhhhhhh..

Ya di satu sisi, gw seneng sih, dia masih punya kemauan buat pergi ke Bali. Katanya pasti banget dia bakalan kesana kalo belom punya anak, atau pilihannya ya nunggu anaknya gedean deh kalo keburu punya anak. Istrinya juga mau banget. Yang tahun lalu katanya nyesel banget ga bisa ke Bali cuma karena telat ngurus visa. Padahal dia udah googling segala, udah baca-baca trip advisor sampe nonton Eat Pray Love untuk kesekian kalinya. Terus gw seneng bisa ngejelasin ke dia, kalo dia ga perlu ikutin saran trip advisor untuk ke Bali lewat darat sampe harus nyebrang pake ferry segala. Gw suruh aja naik pesawat dari Jakarta ke Bali, ya.. Atau dari mana deh dia maunya. Hahaha.. Terus dia pengen banget ke Ubud. Ya gw bilang, dia harus nyampe di Bali-nya dulu. Dari Airport ke Ubud sekitar 2-3 jam-an gitu naik mobil, tapi akan puas banget sih perjalanan panjang lo. Ga ada pesawat ke Ubud, ga ada.. -_____-

Hmmm.. Bener sih orang-orang bilang, kalo orang di luar Indonesia lebih tau Bali daripada Indonesia-nya sendiri. Lebih tau kalo Bali itu super cool dan minusnya cuma kejadian bom Bali beberapa tahun silam sementara Indonesia banyak bom, ada teroris dan yang pait-pait. Sedih. Tapi gapapa, terima kasih Bali, dengan orang tau kamu, orang jadi tau ada Indonesia dan ada yang bagus dari Indonesia :)

Ya semua negara pasti punya berita buruk di negara lain. Mungkin kejadiannya engga segitu hebohnya, tapi mungkin media yang terlalu berlebihan. Tapi Venezuela juga dikenalnya sama peredaran narkoba. Venezuela juga dibilang berbahaya. Tapi karena kita besar disana, karena kita tau gimana negara kita, karena kita hidup disana, jadi kita merasa itu aman. Kita udah terbiasa sama kehidupan disana jadi udah tau trik menghadapi apapun itu disana. Iya, karena gimana pun itu negara kita. - Darwin 

No comments: