Wednesday, August 17, 2011

euphoria yang hilang

gw pikir cuma gw yang merasa kehilangan euphoria 17 Agustusan. ternyata ada temen yang nge-tweet kalo 17an tahun ini rasanya beda. "mungkin karena bulan puasa. *positive thinking*", lanjutnya di tweet. iya, mungkin karena udah tahun ketiga atau kedua yah, 17 Agustusannya di bulan puasa, jadi ya gegap gempita 17annya kurang meriah.

sebenernya sih bukan sok-sok nasionalisme tinggi, tapi lebih kepada senang akan keriaan, gw juga merasa ga seru 17annya. tapi bukan karena sok islami banget juga, tapi ya emang karena puasa dan mungkin orang-orang lebih memilih beribadah daripada ngurusin 17an di lingkungan setempat.

baiklah gw mulai bingung harus menulis apa.

mmmmm.. udah sekitar 15 tahun gw tinggal di bintaro jaya sektor IX, di jalan kucica RT 01 RW 011, dan dari pertama kali gw tinggal disini, acara 17 Agustusan selalu diselenggarakan dengan meriah dan penuh suka cita. yang pasti 3 hari dari jumat-minggu selalu ada bazaar dan lomba-lomba di perempatan kucica. semua bersorak sorai mendukung teman-temannya, keluarganya dan RTnya masing-masing. lomba yang pasti gw ikutin sih, makan kerupuk, bakiak, bawa kelereng pake sendok sama lomba menggambar dan mewarnai sih dulu. berhubung acaranya dari pagi sampe malem, pulang cuma makan (kadang malah jajan di bazaar), mandi, balik lagi ke perempatan. padahal kayanya ga ada yang guna deh yang dilakuin, secara acara lomba buat anak-anak udah selesai.

masih inget sih, gimana lebaynya ngedukung temen-temen yang lomba dari RT sendiri lawan anak-anak RT lain. bahkan antar "geng" cewek bisa sirik-sirikan. masih SD! masih SMP juga ada sih. dan ga geng juga ya, secara paling itu cewek se-RT cuma 3-4 orang yang main bareng. hahaha. sampe akhirnya bertambah usia, bertambah sok dewasa jadi mulai main bareng antara RT yang 1 dan yang lain. di perempatan mulai ada geng anak mudanya. segerombolan anak kucica yang cuma eksis di setiap acara 17an. hahaha.. masa-masa SD-SMP rasanya ceria banget!

dan semakin bertambah lagi usianya, memasuki fase SMA. kalo 17an masih sih nongkrong haha-hihi di perempatan dari jam 10an pagi. mulai kelas 2 SMA, secara sumpah maap nih ya gw ikut bereksistensi dengan teman-teman automotif ["GeLiTz"] (iya iya, anak mobil!), mulailah ikut konvoi kalo 17 agustusan. sadiiiisss! nyetir aja berarakan! haahhaaaa.. yang pastinya sih ngikut di mobil temen aja, ga nyetir. sumpah ampe sekarang gw masih ga bisa deh disuruh konvoi. kalo ga pengen jalan duluan ya kelamaan jalannya :p tapi sumpah yeee yang namanya konvoi 17an tuh seru banget lho! ketemu orang baru, klakson-klaksonan bersahabat minta jalan, liat cowok-cowok ganteng seliweran, bawa-bawa bendera, sok asik aja deh pokoknyaaa! hahahahahaaaa..

memasuki era perkuliahan, acara nongkrong para remaja mulai diperhatikan bapak RW. mulai dianggap bibit unggul. mulai mendapat pembinaan. mulai diberdayakan. dengan alasan, "kalian masih muda masih banyak yang bisa dikerjain untuk membantu pengurus RW dalam acara 17an. jangan cuma nongkrong-nongkrong aja, nanti keliatannya negatif.", lambat laun karang taruna pun terbentuk. mulai lah ya eksis di lingkungan RW sebagai karang taruna. dari cuma jadi peserta lomba, akhirnya jadi pengurus lomba. dari seneng sampe bosen :p

dan sekarang, rasanya datar aja gitu. bahkan karena semalemnya gw abis saur bareng geng SMA, dan baru tidur jam setengah 7 pagi, bangun-bangun taunya udah jam 3 sore, gw merasa ga berguna. gatau, baru kali ini gw merasa menyesal bangun sore. mungkin karena ga nonton pengibaran di istana tadi pagi dari tv, mungkin karena ga ikutan sibuk dari pagi bikin kue lebaran, mungkin karena ini bulan puasa dan euphoria 17annya ilang.

tapi euphoria puasa gw juga menghilang. dulu waktu kecil, jalan kaki dari rumah ke mesjid dan balik ke rumah jalan kaki lagi tuh rasanya asik banget. rame-rame sama temen-temen. janjian ketemuan di perempatan. sambil jalan tuh yang selepet-selepetan sarung lah, main ninja-ninjaan sambil main petasan lah.. ke mcd setelah teraweh 2-4 rakaat, makan somay di depan mesjid, ngabur ke dalem mesjid kalo ada yang bilang "eh, tadi gw ketemu ibu/bapak lo". dan 1 hal yang paling pasti wajib dilakuin waktu SD : harus isi buku ceramah dan dapetin tanda tangan khotibnya. akal-akalan deh, lo! hahahhaaa.. dan gw terbebas dari pengisian buku itu sejak SMP karena sekolah di sekolah Katolik. yes! bocaaah.. bocaaaahh.. ya mungkin karena masih bocah yah, jadi bulan puasa adalah ajangnya keluar malem dimana biasanya jam 7 udah ga boleh maen lagi. kan biasanya bikin PR atau belajar kalo besok ulangan.

sampe puasa tahun lalu, gw masih semangat pergi ke mesjid. eh ke belakang mcd tepatnya. ngumpul sama anak-anak mesjid (yang dimana sebenernya hampir semua temen-temen mesjid gw adalah temen-temen SMA), dari serius ngomongin jadwal jaga zakat, ngira-ngira kapan saur di panti asuhan dan buka puasa bersama, ngomongin kegiatan selama Ramadhan yang bisa dikerjain bareng pengurus mesjid, sampe ya ngobrol ngalor ngidul aja gitu.

entah kenapa semakin bertambahnya usia, semua semakin terasa biasa aja.
bukan ga semangat, tapi mungkin udah bosen ya. tapi ga juga sih, kayanya moment yang cuma setahun sekali gitu bisa jadi pelarian dari kegiatan sehari-hari. bisa buat nambah-nambahin kepuasan batin aja. dan ini adalah tahun pertama gw sebagai orang kantoran, jadi ya puasa pertama di kantor.. gilaaaa gw baru sekali setelah 2 minggu puasa, bisa denger adzan maghrib dari mesjid deket rumah dan buka puasa sekeluarga di rumah. ya Allah, itu senengnya bukan main. Alhamdulillah banget deh! gw girang sendiri. bener-bener ya, jadi pekerja kantoran itu harus gitu ya emangnya? Ya Allah, ini mohon dilancarkan segalanya kedepan ya Allah. masih shock sih nih, emang.

aaah kembalikan masa-masa kejayaan di waktu kecil dulu! masa dimana semua yang dilalui cuma bersenang-senang dan bersenang-senang!

oh ya, gw tau, ini terlambat. tapi gw ucapkan,

SELAMAT HARI JADI, NEGARAKU INDONESIA!
SEMOGA GA SEMAKIN BERARAKAN,
SEMOGA SEMAKIN DIKELOLA DENGAN BAIK PARIWISATANYA!




No comments: