Thursday, June 02, 2011

belom siap.



tiba-tiba tadi si pacal menanyakan pertanyaan, "menurut lo, kalo misalnya gw sama lo nikah, tapi kita belom mau punya anak, gimana?"

cocok. gw hampir lupa membicarakan pembicaraan sejenis ini ke pacal. beberapa hari lalu, temen kantor gw berkata, "gw belom mau punya anak. kayanya kalo udah punya anak tuh jadi terikat. kalo perlu, hitam diatas putih deh sama calon suami kalo abis nikah masih mau nunda punya anak. kalo gw sama suami gw sih emang masih belom mau."

beberapa menit setelah mendengar kata-kata itu terlontar, gw langsung berpikir, "kayanya si mba itu udah settle deh. posisi di kantor udah oke, masalah pendapatan juga pasti udah tenang. dan gw rasa, pasti suaminya pun diatas dia kemapanannya. diliat dari foto bbmnya yg suka jalan2, dan rencana 1st anniversary-nya yang mau ke london, apa sih alesannya belom mau punya anak? karier? mau sampe kapan kalo ngejar karier terus?" lalu sekian menit kemudian, gw merasa harus membicarakan ini ke pacal. secepatnya. tapi beberapa menit kemudian lupa buat ngomong ke pacal.

dan datanglah hari ini. pertanyaan yang dilontarkan pacal. dan gw ceritakan soal mba kantor.
dan gw menjawabnya, "ngeliat dari cerita si mba kantor, gw mikir sih, kayanya kalo gw nikah sama lo, alasan buat nunda anak ya masalah ekonomi. asli, sekarang buat hidup sendiri aja pas-pasan. lo juga. nah kalo kaya si mba kantor, kayanya masalah ekonomi udah oke, tapi aku gatau sih kenapa dia ga mau punya anak dulu. belom siap sih katanya."

terus kata pacal, "iya kalo masalah keuangan sih, masih bisa ditolerir lah buat ga punya anak dulu. tapi kalo masalah mental, aku ga ngerti deh kenapa bisa ga siap punya anak kalo udah nikah dengan keadaan kaya temen kamu."

SAMA! GW JUGA GA NGERTI! itu kebayang gw pasti udah kecentilan belanja ini itu buat si anak sih kalo duit gw mencukupi. nyiapin anaknya mau les alat musik apaan dan dimana. les bahasa inggris apa perancis. yang cewe mau ballet apa shuffle (asik, shuffle! hahaa). nyiapin tabungan pendidikan buat sekolah dimana dan lain-lain.

ya sesampainya gw di depan laptop, gw lupa-lupa inget inti dari pembicaraan gw sama pacal. sampe akhirnya gw bbm pacal, "cal, kesimpulan omongan tadi soal nikah dan nunda atau langsung punya anak itu apa ya?" hehehehee..

terus kata pacal, "Klo si pasangan belum mau nikah gara2 emang masalah ekonomi mereka belom siap atau apa yaaa itu mungkin bagus... Berarti mereka punya planning prepare demi kebaikan... Nah klo yg mentalnya emang ga siap si aku ga tau ya gmnnya... Tp klo buat aku ya mereka mau ga mau harus siap mental..."

dan dilemparkan lagi pertanyaannya kepada saya. saya pun berkata, "Kalo nunda punya anak itu, kaya tadi aku bilang, kalo emang merasa belom siap secara ekonomi ya ga ada salahnya. Kalo buat hidup berdua aja masih pas2an, daripada anaknya minum air beras kan kasian.. Bukan berarti anak lantas jadi beban ekonomi yah, tapi ga bisa diboongin lah kalo kebutuhan anak akan sangat banyak, dari buat pendidikan sampe kesenangannya dia. Naaah tapi menundanya jgn sampe 5 tahun juga siiih.. 1-2 tahun mungkin cukup, tapi selama itu juga, harus bener2 kerja keras dan nabung untuk keperluan si anak.. Kalo masalah mental untuk jadi orangtua, pasti seiring berjalannya waktu akan siap.. Tapi kalo emang nikah dengan materi yg udh cukup, dan masih nunda punya anak, ga gitu jugaaa.. Kan salah satu kenapa kita harus nikah selain menghalalkan hubungan dan biar ga menimbulkan fitnah, juga untuk memiliki keturunan.."

berarti ingatan gw soal pembicaraan di Roppan tadi ga buruk-buruk amat. yang pasti, kaya yang gw bilang, punya anak bukan beban dalam hidup lo. sumpah pasti suatu anugrah. pasti sangat menyenangkan. tapi jujur sih, karena bukan anak sendiri, gw masih suka sebel sama anak kecil apalagi kalo udah susah diatur dan nangis. idiiih pengen gw jitak-jitakin. sebanyak-banyaknya adek sepupu gw, yang dimana hampir semuanya belom lulus SD tapi kelakuannya suka sok tua, gw masih belom terbiasa mengasuh mereka dengan kesabaran dan keibuan. sekali lagi, mungkin karena bukan anak gw dan naluri gw buat menjadi ibu masih belom muncul. asli lucu deh pasti kalo punya anak. tapi gw ga mendadak BM punya anak sih kaya tweetnya @pinkabia tadi siang. haha.

gw cuma berharap, kalo gw menjadi ibu suatu hari nanti, gw udah siap lahir dan batin. semuanya harus dipersiapkan secara matang, dan menjadi ibu pada waktunya (baca : sudah menikah dan bermental baja). kalo sekarang, diajak nikah sama dewa juga yang ada gw jerit, ketawa sampe kencing-kencing kayanya sih. sambil noyor dan berseru, "becanda aje, lau!" ini masalahnya yakin bisa hidup sama dia aja masih setengah-setengah. ya, ngeliat hidup gw dan dia yang masih berarakan. masih ada happy monday, masih ada owlcity, masih ada mellys-mellys-an dan tempat bermain lainnya, masih banyak temen yang ga punya pacar, masih banyak masalah orang yang bikin kita heboh (tukang gosip), masih banyak kisah hidup orang-orang yang sudah menikah yang harus dipelajari dan rasanya masih banyak kesenangan yang harus dilalui sebagai pacar. masih banyak yang harus dipersiapkan dan diyakinkan untuk hubungan yang lebih.

oh Tuhan, blog ini bukan blog anak SMA yang lagi galau-galaunya sama kisah cinta 3 bulan. bukan lagi blog anak kuliahan yang dikejar tugas DKV. sebentar lagi ini jadi blog tante-tante!!!! udah ah gw mau tidur aja. besok ngantor. sial.


KESIMPULANNYA :
BELOM WAKTUNYA DEWA PRATAMA DAN JESSICA ARIESSA PUTRI MENIKAH APALAGI PUNYA ANAK. BELOM WAKTUNYA, TAPI SEMOGA WAKTU ITU AKAN DATANG. AMIN :)



The water is warm, but it's sending me shivers.
A baby is born, crying out for attention.
Memories fade, like looking through a fogged mirror.
Decision to decisions are made and not bought
But I thought, this wouldn't hurt a lot.
I guess not.
- Kids : MGMT -


No comments: