Sunday, January 23, 2011

kepada seorang ibu,

sekitar seminggu yang lalu, kedua orangtua saya pergi ke dokter. babap mengantarkan mamih dan sepulang saya bekerja, babap bilang, "ada daging yang harus diangkat dari rahim mamih." saya kaget. jujur saya kaget setengah mati. babap bilang, "kamu telvon mamih gih. aku lagi ga di rumah, dia di rumah. coba semangatin ya."

dan saya pun segera menelvon mamih. dia dengan nadanya yang seperti tidak ada apa-apa bertanya pada saya, ada dimana saya dan kenapa belum pulang. saya pun tanpa basa basi langsung bertanya, "mih ada daging yang harus diangkat yah?" dan nadanya berubah. dia masih berusaha menutupi dan menjawab, "iya, harus operasi katanya. gatau tuh tadi katanya ukurannya udah berapa besar. harus check-up segala macem dulu, sih.." masih juga berusaha menutupi. lalu saya bertanya tentang obat apa yang harus dikonsumsinya dan sebagainya. tapi dia masih berusaha bahwa semua baik-baik saja. tapi nadanya berbohong. dan saya lebih jago lagi berbohong, menyuruhnya makan dengan benar dan beristirahat dengan nada suara saya yang seperti biasa saat berbicara dengannya di telepon dan berusaha riang.

saya tau bagaimana ibu saya dalam menghadapi dokter. dia bukan orang yang sering berurusan dengan dokter. batuk sedikit ya meminum obat seadanya di rumah atau minum jeruk nipis dengan kecap, bahkan lebih senang dipijit ketika badannya mulai sakit atau kepalanya mulai pusing daripada harus menenggak parasetamol. saya tau, dia sendiri pasti kaget dan berusaha tidak mau saya kenapa-kenapa. dia suka menyembunyikan sakitnya padahal sudah terlihat bahwa dia sakit, tapi dia tidak pernah membiarkan orang lain mengurusnya, bahkan ayah saya. ya paling cuma minta pijit.

beberapa hari yang lalu mereka kembali ke dokter. babap bilang si mamih mau check-up. dan sehari setelahnya, saya menanyakan keadaannya. mamih bilang, "gatau tuh, mamih juga ga ngerti." lagi-lagi berusaha untuk menutupi sesuatu. saya sendiri bingung harus bertanya apa.

mamih, mamih itu kebiasaan deh, nutupin sesuatu yang bikin mamih pusing dari anak-anaknya. ayo dong mih, jessica udah mau umur 23 lho, tahun ini. bukan anak 3 tahun yang ga peduli sama dunianya selain playground dan bukan anak 13 tahun yang baru tau dunia. kenapa sih mamih selalu susah untuk cerita apa-apa ke jessica? kenapa mamih harus dipaksa-paksa cerita yang? ini kan tentang mamih sendiri, tentang kesehatan mamih juga, tentang kesehatan psikologis semuanya. apa iya aku harus tau semua hal belakangan? kenapa ga dari awal aja mamih share semua ke aku? apa aku harus jadi orang yang ga ngerti tentang keadaan orangtuanya? mih, maaf kalo mungkin mamih ngeliatnya aku ga care. aku coba tanya ke mamih dan mamih ga menjawab. aku sendiri ga bisa paksa mamih untuk cerita kalo mamih belum mau cerita karena aku takut kalo aku maksa mamih buat cerita, mamih akan senewen sendiri dan berefek ke pikiran dan tekanan darah, dsb. tapi bukannya dengan mamih cerita malah akan mengurangi pikiran mamih ya? sebenernya aku ga tau harus kaya gimana. di satu sisi aku sangat ingin tau semua hasil check-up mamih, tapi dengan sikap mamih yang menutupi, aku merasa aku ga perlu menanyakan detailnya ke mamih. sekedar cukup tau, tapi aku takut dibilang ga ada peduli-pedulinya. mungkin emang perlu pendekatan-pendekatan lagi, ya..

sejak mamih pulang dari dokter yang pertama itu, mamih keliatan agak cranky. wajar. saya berusaha menerima semuanya dengan wajar. ibu saya itu selalu was-was bawaannya kalo udah medical check-up. ibaratnya sih lebih baik dia ga usah medical check-up. semuanya lebih normal tanpa medical check-up karena sebelum check-up pasti dia kepikiran ini itu dan tegang sendiri yang akhirnya yaaa tekanan darahnya suka lebay, padahal sih ga darah tinggi juga.

mamih, jessica ga pernah bisa bilang kalo jessica sedih. karena aku tau itu akan bikin mamih tambah sedih. aku juga ga akan bisa menunjukan ke mamih kalo aku khawatir karena aku tau mamih bukan orang yang suka dikasihanin. tapi aku anak mamih, dan mamih ibu aku. sebenernya ga ada yang bisa kita tutup-tutupin. mungkin mamih sendiri sekarang tau kalo aku khawatir. aku sedih sih, liat mamih makan cuma dengan bubur sama telor. aku tau mamih pasti pengen macem-macem. keadaan mamih tuh sehat-sehat aja kok. percaya deh, kalo mamih yakin ini semua akan baik-baik aja, ya semua akan baik-baik aja. jangan nervous ya, mih. jangan khawatirin segala sesuatu. jalanin aja dulu masa-masa pengobatan ini sampai pengangkatan dan recovery-nya. bener deh, ini bukan masalah besar kok asal mamih nurut dan ga merasa tertekan dengan bubur yang harus mamih makan atau jajanan yang ga boleh mamih cemilin. hehehe.. mamih sendiri kan tau, kalo orang yang lagi sakit terus segala sesuatu dipikirin atau merasa kalo sakitnya itu sangat berbahaya dan sebagainya, ya bahayanya adalah dia jadi tambah sakit. yakinin diri mamih kaya babap yakin waktu mau pasang ring ya, mih.. yakinin kalo semua akan baik-baik aja dan berjalan normal.

aku sayang sama mamih. maaf kalo aku ga bisa nunjukin ke mamih. tapi tolong percaya ya mih, aku akan selalu sayang sama mamih dan ini bukan sesuatu yang harus kita takutin. Allah pasti akan sembuhin mamih kok :)


untuk teman-teman dan keluarga yang membaca blog ini, mohon doanya ya agar si mamih bisa ngejalanin operasi pengangkatan dagingnya (apapun nama keren si daging itu, entah kista atau mium atau apalah itu).

dan tolong dong tolong, jangan bilang-bilang sama mamih kalo saya nulis blog ini, bukan karena gengsi! tapi terutama untuk keluarga saya, saya cuma takut kalo sebenernya si mamih masih nyembunyiin dari keluarga yang lainnya dan gitu deeeh dia ga mau orang lain juga jadi khawatir. dan dia bisa pundung kalo tau saya cerita-cerita di internet begini (biarpun punya fb, tetep aja dia merasa kalo internet itu sumber dari segala informasi yang ga selalu perlu diketahui. ya kaya gini ini :p) hehehee..

terima kasih untuk doanya dan perhatiannya :)

No comments: